Sunday 28 November 2010

smart ed Diuji Pemprov DKI Jakarta

PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Siemens Indonesia meminjamkan satu unit smart electric drive (smart ed) plus sistem pengisian ulang baterai Siemens kepada Pemerintah Kota DKI Jakarta selama satu tahun sebagai proyek percontohan mobil dengan sumber energi alternatif.


Penyerahan dan penandatanganan dilakukan di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (24/11) siang, oleh Presiden Direktur dan CEO PT Mercedes-Benz Indonesia Rudi Borgenheimer, Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia Hans Peter Haesslein, serta Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan DKI Jakarta Endang Widjajanti dan disaksikan langsung Gubernur Provinsi DKI Jakarta Fauzi Bowo.


Rudi Borgenheimer, President and CEO PT Mercedes-Benz Indonesia mengatakan langkah ini merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) pihaknya. Ia mengatakan mobil listrik produksi Daimler AG bisa digunakan sebagai bahan uji coba untuk mengatasi permasalahan kemacetan dan polusi kendaraan di Jakarta.


"Mercedes-benz juga melakukan hal yang sama di London, Inggris, tahun 2007, dan Berlin, Jerman, pada tahun 2009. Oktober lalu, Mercedes-Benz juga memberikan unit smart ed kepada beberapa kota di Amerika Serikat," kata Rudi.


Meski mungil, smart dengan baterai lithium-ion motor elektrik ini mampu menghasilkan tenaga 27 hp (bekelanjutan) dan maksimum 40 hp. Sementara torsi yang dihasilkan mencapai 120 Nm. smart ed yang mampu menjelajah sejauh 135 km dalam sekali pengisian penuh baterai selama 3 jam, hanya memerlukan pasokan listrik 12 kW-h per 100 km. Sementara kecepatan maksimal dapat diraih hingga 100 km/jam.


Guna mendukung operasional smart ed, PT Siemens Indonesia meminjamkan satu unit Siemens AC Charging Pole (terminal pengisian listrik) yang bisa digunakan untuk mengisi baterai lithium yang digunakan smart ed.


Usai penyerahan Fauzi Bowo sempat mencoba mobil ramah lingkungan ini di seputaran Balaikota. Fauzi Bowo mengatakan peminjaman unit dilakukan sebagai pembelajaran awal bagi warga Ibu Kota terhadap kendaraan ramah lingkungan.


"Mobil ini tak ubahnya dengan mobil umumnya, nyaman, kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana, dan tidak bising dengan suara mesin," kata Foke.


Ia berharap ke depannya, Jakarta bisa sejajar dengan kota Metropolitan dunia yang sudah memiliki banyak kendaraan ramah lingkungan sehingga kualitas udara bisa lebih baik.


Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: