Monday 15 November 2010

New Rotary Engine untuk RX-9

LONDON (DP) – Dihentikannya produksi mesin rotary karena dianggap tidak ramah lingkungan tidak membuat Mazda menutup pintu. Mulai November ini pabrikan asal Jepang itu sudah mengembangkan lagi mesin rotary yang baru. Rencananya bakal diinstal untuk Mazda RX-9 yang juga masih dalam status ”rumor”.


Mesin rotary generasi baru itu akan lebih besar dari unit twin-rotor 2.6-liter pada RX-8. Mesin ini akan supercharger listrik, sanggup mengeluarkan daya 300 hp. Bandingkan dengan mesin rotary RX-8 yang saat ini, ”hanya” bertenaga 234 hp.


Proyek pengerjaan mesin terbaru ini menggunakan nama 16X. Masih rahasia, apakah nantinya mesin rotary baru ini menggunakan bahan bakar bensin atau hydrogen. Yang terang, Mazda berani menggaransi kalau mesin baru ini bakal jauh lebih irit bahan bakar dan rendah emisi.


Upaya Mazda untuk tetap menggulirkan mesin rotary memang sangat besar. Mungkin hal ini tak lepas dari sukes Mazda RX-7 dan Mazda RX-8. Meski dikatakan boros dan tak ramah lingkungan, namun penjualan untuk generasi RX tak pernah ber-rapor merah. [dp/Don]


Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: