Friday 26 November 2010

Loe Jual, Gue Borong!

Milyader Arab Saudi pangeran Alwaleed Bin Talal dan perusahaannya, Kingdom Holding Co., dikabarkan telah membeli 1 persen saham General Motors (GM) pada penjualan pertama saham publik (IPO). Pembelian saham oleh perusahaan berbasis di Riyadh ini dilakukan karena GM dianggap telah sehat dan berpotensi memberi keuntungan.


“Secara global merek General Motors semakin kuat, dan harga (saham) yang ditawarkan sangat menarik. Perusahaan ini prospektif di Brasil dan China,” kata Kingdom dalam sebuah pernyataan tertulis, Selasa (23/11) kemarin.


Para pemilik baru GM, termasuk Departemen Keuangan AS, pekan lalu melepas saham pertama publik dengan nilai 33 dolar AS per lembar saham. Harga penawaran ini sedikit lebih tinggi dari perkiraan semula yang hanya akan dilepas pada kisaran harga 26-29 dolar AS per lembar saham.


Pelepasan saham minoritas ditujukan GM agar perusahaan mampu mendapat dana 20 juta dolar AS, sekaligus mengurangi beban pemerintah AS.


Orang Terkaya di Dunia


Alwaleed merupakan anggota keluarga kerajaan yang dikenal sebagai pengusaha dan investor internasional. Hampir sebagian besar uangnya digunakan untuk berbisnis real estate dan pasar modal.


Alwaleed juga termasuk orang terkaya di dunia dengan peringkat ke-19 versi Forbes yang dipublikasi pada Maret 2010. Pria kelahiran tahun 1955 ini ditaksir memiliki harta senilai 19,4 miliar dolar AS.


Sebagai seorang investor papan atas, Alwaleed tercatat sebagai pemegang saham di beberapa perusahaan besar, seperti Citibank, AOL, Apple Inc., MCI Inc., Motorola, dan News Corporation Ltd.


Selain itu, dia juga tercatat sebagai pemilik hotel Four Seasons dan Plaza Hotel di New York, Savoy Hotel di London, dan Monte Carlo Grand Hotel di Monako. Bahkan taman fantasi Disneyland Paris juga termasuk yang dimilikinya.


Sebagai seorang pribadi yang kaya raya, Alwaleed sempat memelihara sebuah kapal pesiar super-mewah Kingdom 5KR yang awalnya dibuat untuk saudagar kaya raya Adnan Khashoggi.


Seperti apa bentuk yacht tersebut? Silakan Anda menonton film James Bond berjudul Never Say Never Again. Sayangnya, kapal istimewa ini kemudian dijual kepada Donald Trump.


Cukupkah kekayaan Alwaleed? Belum. Dia memang pantas memiliki saham GM. Alwaleed bahkan telah memodifikasi pesawat Boing 747 dan Airbus 321 sebagai alat angkut pribadinya.


Sebuah kabar lain menyebut, Alwaleed juga sedang memesan pesawat penumpang terbesar di dunia Airbus A380 untuk keperluan penerbangan pribadi. Pesawat yang lebih besar dari ukuran Air Force One ini disinggung akan sampai di tangannya pada 2012.


Sebagai sosok yang juga gila otomotif, Alwaleed konon juga menyimpan lebih dari 200 unit mobil istimewa, termasuk super-limousine Rolls-Royce, serta deretan sport car lansiran Lamborghini dan Ferrari. Wuz….


Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: