Sunday 28 November 2010

Lagi, Produsen Mobil China Terburuk dalam Crash Test

Produsen mobil China sudah mulai ingin menginvasi dunia. Untuk itu di Eropa, ada produsen China yang mendaftarkan produknya untuk diuji kualitasnya.

Namun ternyata mobil China pertama yang diuji di Eropa itu tidak mendapat hasil yang bagus dan hanya mendapat dua bintang.


Mobil China yang dites dalam Euro NCAP adalah sebuah MPV bernama Landwind CV9. Landwind mengatakan kalau CV9 telah diubah untuk memenuhi standar Eropa yang ketat hanya saja ketika tes keamanan berlangsung MPV China ini hanya mendapat rating 2 bintang dari nilai tertinggi maksimal 5 bintang.


Sekjen Euro NCAP Michiel van Ratingen mengatakan kalau mobil ini masih kurang lengkap dalam hal keamanan terutama dibagian samping dengan tidak adanya airbag samping, perangkat pelindung kepala dan kontrol stabilitas elektronik.


"Jelas bahwa kendaraan dari China, India dan negara-negara berkembang lainnya dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi biasa di jalan-jalan Eropa. Euro NCAP akan memastikan bahwa konsumen tahu tingkat keselamatan yang ditawarkan oleh kendaraan ini," ungkap Ratigen di situs resmi EuroNCAP, Kamis (25/11/2010).


"Dengan menyoroti perbedaan dalam kinerja keselamatan, kami bertujuan untuk mendorong keselamatan semua mobil menuju tingkat tinggi seperti yang kita lihat dari produsen yang lebih mapan. Kami yakin bahwa Landwind dan produsen lain akan dapat menghadapi tantangan ini," tambahnya.


Sebelumnya pada tahun 2005 Landwind juga pernah menaruh sebuah mobil yakni X6 untuk dites. Mobil bermodel SUV itu bahkan lebih tragis lagi karena tidak mendapatkan 1 bintang pun.


SUV dari China itu sangat tidak aman bagi pengendara dalam tabrakan di kecepatan 64 km perjam. Airbag itu juga dianggap tidak berguna dan kabin bisa hancur ketika tabrakan berlangsung.


Selain Landwind CV9 total ada 14 mobil yang dites oleh Euro NCAP. Standar keamanan bintang 5 didapat oleh BMW seri 5 dan Mercedes-Benz E-Class serta Audi A1, Mini Countryman, Ford C-Max dan Grand C-Max, Kia Sportage, Seat Alhambra, Vauxhall Meriva, Volkswagen new Passat dan Volkswagen Sharan.


KIA Venga juga mendapat rating bintang 5 setelah membuat beberapa perubahan. Hasil ini meningkatkan keamanan mobil Korea itu setelah di bulan Februari hanya mendapat 4 bintang di pengetesan ini.


Sedangkan Nissan Micra dan Volkswagen Amarok harus puas dengan rating 4 bintang. Begitu pula dengan Jaguar XF yang juga mendapat rating 4 bintang dalam pengetesan ini. Dengan begitu, Landwind CV9 ini menjadi mobil dengan peringkat keamanan terburuk dalam pengetesan Euro NCAP kali ini.


Sebelumnya, mobil Geely CK1 tidak mendapat bintang sama sekali dalam test crash oleh LatinNCAP.


Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: