Tuesday 16 November 2010

Bus Tingkat Terbaru untuk London Berwujud Futuristik

LONDON (DP) — Pemerintah kota London, Inggris, Jumat (12/11) kemarin, memperkenalkan bus tingkat (double decker) terbaru yang akan menjadi sarana transportasi modern masyarakatnya. Bus dua kabin bersusun ke atas ini secara resmi diperlihatkan Wali Kota London Boris Johnson di Musium Transportasi London.


Bus tingkat terbaru ini merupakan hasil pengembangan dari pemenang konsep Roadmaster yang dilombakan pemerintah kota London pada 2007. Proyeknya sendiri dinamai sebagai New Bus 4 London.


Dengan bentuk futuristik, bus tingkat terbaru ini diklaim lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Dibangun dengan rangka aluminium sehingga membuatnya ringan, alat transportasi masa ini mengusung mesin 4.5-liter dan motor elektik bertenaga baterai lithium ion guna menggerakkan roda belakang.


Rencananya kendaraan berwarna merah ini akan dioperasionalkan mulai 2012 menggantikan unit-unit yang sejak 2005 telah digunakan banyak wisatawan di London.


Bus tingkat London yang didesain dan dibangun di Irlandia Utara, diklaim lebih hemat bahan bakar 15 persen ketimbang bis hybrid biasa atau 40 persen dibandingkan bis tingkat bermesin diesel konvensional.


“Ini adalah bagian dari ciri sistem transportasi kami. Dia tidak hanya cantik, tapi juga ramah lingkungan serta memiliki gaya eksterior yang memikat,” kata Johnson. ”Bus ini akan mengurangi emisi, dan kami berharap desainnya semaikin mempercantik kota London.” [dp/GRG]


Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: