Monday 29 November 2010

Jaguar XF Anyar Gagal Raih Peringkat Tertinggi Uji Tabrak

Sedan mewah besutan Jaguar Land Rover, Jaguar XF, ternyata gagal meraih peringkat tertinggi dalam serangkaian uji tabrak untuk membuktikan tingkat keamanan mobil yang digelar Euro New Cars Assessment Programme (EuroNCAP). Sedan asal Inggris itu hanya memperoleh nilai empat bintang atau di peringkat kedua.


Siaran pers lembaga penguji keamanan mobil yang berkantor di Brussel, Belgia, itu menyebut Jaguar XF gagal memenuhi standar perlindungan bagi penumpang dewasa dan anak-anak.


"Struktur pada dashboard rawan menimbulkan risiko cedera pada penumpang dengan berbagai ukuran (dewasa maupun anak-anak)," sebut siaran lembaga itu seperti dilansir autoevolution.com, Kamis (25/11).


Perangkat perlindungan bagi lutut, tulang paha dan tulang panggul penumpang dinilai sangat minim. Walhasil, penumpang memiliki risiko tinggi kala terjadi kecelakaan.


Laman autoworldclass.com menyebut Jaguar XF generasi terbaru diperkenalkan akhir Juni lalu dan akan dipasarkan pada 2012. Mobil ini menyandang mesin 5.000 cc V8. Mesin sebesar itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 462 PS dan torsi maksimum 515 Newton meter (Nm).


Sedan mewah itu mampu digeber hingga 250 kilometer per jam (kpj). Akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai hanya dalam tempo 7 detik.


Tes uji tabrak (crash test) yang digelar EuroNCAP dikenal memiliki standar yang tinggi dan ketat. Uji tabrak tersebut meliputi uji tabrak dari depan, samping, dan belakang.


Awal tahun ini lembaga itu telah memperkenalkan uji tabrak dari belakang. Uji tersebut untuk memastikan ukuran dan bentuk bangku serta kemampuannya menghadapi tiga uji tabrakan belakang dalam tiga tingkatan, yaitu pelan, sedang, dan keras. Setiap tingkatan mendapat skor tertinggi empat.


Pada uji kali ini Euro NCAP menguji 14 mobil baru. Sepuluh di antaranya telah memperoleh peringkat tertinggi yaitu dengan lima bintang, dan Jaguar XF paling gres itu tidak masuk dalam kelompok tersebut.


Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: