Namun distributor mobil KIA di Indonesia PT yakni KIA Mobil Indonesia tidak khawatir dengan kondisi itu. KIA menuturkan suplai mobil CBU asal Korea tidak mengalami kendala.
"Tidak ada kendala apapun. Hingga kini supplai mobil dari Korea lancar-lancar saja," kata Direktur Aftersales Servis KIA Mobil Indonesia Suwanda Setiadi di sela-sela acara "Kompetisi KIA Family Like Care 2010", di Pondok Aren, Tangerang, Kamis (3/12/2010).
Menurutnya kondisi antar kedua negara yang bergejolak masih aman. "Masih taraf aman dan terkondisikan," ucapnya.
Hal senada diungkapkan Marketing Communication Manager PT KIA, Ridjal Mulyadi. Pengiriman spare part dari Korea tidak tersendat sedikitpun. "Tidak ada kendala suplai mobil dan sparepart. Aman-aman saja," tukas Ridjal.
Ridjal menuturkan memang secara psikologis ada kekhawatiran terkait konflik antar kedua negara. Namun jika Korea terhambat, KIA bisa memanfaatkan pabrik KIA yang terletak di China dan Slovakia.
"Lagian rakitan kita juga tidak hanya di Korsel, ada juga di China dan Slovakia. Kita bisa mendatangkan dari sana," tambahnya.
Kompetisi Service Advisor dan Partman
Untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggannya, produsen mobil asal Korea Selatan iitu menggelar "Kompetisi KIA Family Like Care 2010" pada 1-2 Desember 2010 cabang KIA Bintaro.
Ajang tersebut melibatkan Service Advisor dan Partman yang melibatkan semua jaringan servis KIA di Indonesia.
Sekedar informasi, kompetisi KIA Family Like Care 2010 ini merupakan pertama kalinya diadakan oleh KMI. Sementara KMI pernah menyelenggarakan kompetisi khusus untuk teknisi sejak 2001
Kompetisi itu melibatkan 48 jaringan servis resmi KIA di seluruh indonesia. Sebanyak 6 orang service advisor dan 6 orang partman. Mereka diuji pengetahuan produk dan kemampuan melayani pelanggan baik melalui uji tertulis maupun simulasi peran.
Ada 10 tahap tes yaitu kerapian meja kerja, penyambutan pelanggan, cara menggali order yang diinginkan oleh pelanggan, menyerahkan kembali berkas, follow up. Persyaratan mengikuti kompetisi ini, pegawai harus bekerja selama 3 tahun di jaringan servis resmi KIA.
"Ajang ini menjadi sebuah kepriabdian SA dan Partman untuk memuaskan pelanggan. Kita mencoba merubah mainset SA dan Partman agar berfikir? betapa pentingnya konsumen," kata Suwanda.
Mereka yang terpilih dari servis resmi KIA Bekasi, KMI Garuda, Denpasar, Siloam Motor Bandung, Sumber Baru Perkasa Yogyakarta, KMI Tebet.?
Dan yang terbaik akan mengikuti kompetisi bergengsi di Malaysia tahun depan. Setelah itu jika wakil dari Indonesia beruntung maka akan dikirim ke Korea Selatan untuk mengikuti kompetisi SA dan Partman bergengsi tingkat internasional.
Sayangnya pihak KMI hanya mengkhawatirkan kemampuan bahasa Inggris setiap SA dan Partman. Dan itu diakui oleh KIA Mobil Indonesia. "Kedepannya KIA Mobil Indonesia akan meningkatkan kemampuan bahasa para pegawai dan itu salah satu konsen kita," kata Nasional Servis Manager KIA Zulhery Zoebir. Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia
No comments:
Post a Comment