Saturday 25 December 2010

Komunitas Mobil Pasrah Pakai Pertamax

Rencana pembatasan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang direncanakan pada Maret 2011 membuat pengguna roda empat di Jakarta pasrah.

"Secara setuju atau tidak setuju sebenarnya agak susah. Mau setuju atau tidak setuju pada akhirnya peraturan itu akan berjalan karena itu menjadi acuan kerja pemerintah. Ikutin saja. Siapa yang tidak bangga akan produk dalam negeri. Garuda di Dadaku," kata Founder Honda Freed Owners Indonesia (Hofos) Mac Arthur Pangaribuan kepada detikOto, Selasa (21/12/2010).


Selain itu dia juga menjelaskan pemerintah pasti ada penilaian sendiri terkait peraturan tersebut. "Coba jangan selalu mengkritik. Pemerintah pasti punya penilaian sendiri mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Kita sekarang cari solusinya saja," ucapnya.


Sementara Ketua AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club), Arif P. Swasana mengatakan dukungan pembatasan BBM subsidi meski kondisinya bakal membuat kantong jebol. Pengguna mobil pun tidak bisa mengelak terhadap peraturan tersebut.


"Kita pada prinsipnya mendukung. Kita pindah ke Pertamax dari Premium meski harganya mahal," ucap Arif.


Namun Arif meminta jangan cuma pelat hitam saja yang dilarang meminum Premium. "Kalau bisa mobil plat merah dibatasi juga dan enggak boleh pakai Premium. Kalau enggak akan banyak plat merah bohongan. Itu enggak adil. Dan siapa yang mau berhentiin mobil plat merah. Polisi juga mikir," tutupnya.


Pekerjaan rumah pemerintah berikutnya adalah menyediakan sarana transportasi yang nyaman. "Contohnya busway. Soalnya akan banyak pengguna mobil pribadi beralih ke angkutan umum," ujar Arif.


Menurutnya dengan memaksimalkan angkutan umum seperti angkutan TransJakarta, masyarakat Jakarta merasa lebih aman. "Maksimalkan angkutan umum, jadi masyarakat juga merasa nyaman," ucapnya.


Hal yang memprihatinkan lainnya seperti yang dijelaskan Arif, jam operasi busway masih minim. Jam operasi busway harus 24 jam. Salah satunya koridor busway Kuningan yang hanya beroperasi sampai 11 malam. Dan itu sangat membatasi gerak masyarakat yang tinggal di pinggiran Jakarta.


"Masyarakat pinggiran Jakarta tidak ter-cover ketika karus pulang kerja malam hari seperti pukul 11 malam. Makanya jam operasi busway diperpanjang," tandasnya.


Seperti diketahui pemerintah dan DPR sudah menyepakati pembatasan BBM bagi seluruh mobil plat hitam. Pembatasan ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama diawali dari wilayah Jabodetabek yang dimulai dilaksanakan pada akhir Maret 2011. Kemudian dilanjutkan ke seluruh Jawa dan Bali pada Juli 2011.


Sementara untuk kota-kota besar di wilayah Sumatera dan Kalimantan, diperkirakan dimulai pada Januari 2012, dan seluruh Sumatera ditargetkan mulai berlaku Juli 2012. Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia 


View the original article here

No comments: