Wednesday 15 December 2010

Si Jebat, Lancer Evo Ala Proton

Produsen mobil asal Malaysia sepertinya tidak henti-hentinya mengambil inspirasi dari Mitsubishi. Dan kini Proton kembali mengeluarkan mobil konsep Proton Jebat yang terinspirasi dari Mitsubishi Lancer Evolution!

Sebelumnya Proton sudah pula 'mencontek' tubuh Mitsubishi Lancer lewat Proton Inspira yang memiliki bentuk mirip Mitsubishi Lancer dan belum lama ini diluncurkan mobil keluarga ideal terbaik indonesia.


Bila Proton Inspira seperti Mitsubishi Lancer EX, bisa jadi Proton Jebat Concept yang mengambil inspirasi dari Mitsubishi Lancer Evolution ini akan menjadi Proton Inspira versi yang lebih sporty alias Proton Inspira Evo.


Wajar saja jika Proton memakai wajah Lancer, soalnya kedua pabrikan ini sudah bekerja sama untuk membangun mobil bareng-bareng.


Nama Jebat sendiri mengacu pada salah satu pahlawan besar bangsa Melayu yang bernama Hang Jebat. Karena itu tidak heran bila mobil yang dipamerkan di ajang Thailand International Motor Expo yang tengah berlangsung di Bangkok ini masuk dalam kategori 'Pahlawan'. Sama dengan mobil konsep Proton lainnya yakni Lekir dan Lekiu.


Dari segi tampilan, Proton Jebat Concept ini sangat mirip dengan Mitsubishi Lancer Evolution dengan aksen hitam di bumper depan, side skirt dan bumper belakang yang mewarnai cat putih yang dilabur ditubuhnya.


Kesan sporty dari mobil ini tercipta berkat desain fender depan dan belakang yang agresif, ventilasi di bonnet hingga aplikasi spoiler di bagian belakang.
Apalagi mobil ini juga didukung oleh pelek sporty berukuran 18 inchi.


Di bagian dalam, mobil konsep Proton Jebat tampil dengan dukungan jok balap dari Recaro dan layar sentuh dari Clarion.


Tapi seperti dilansir Paul Tan, Sabtu (4/12/2010) untuk dapur pacu belum jelas mesin apa yang disematkan merek mobil nasional ini ke balik bonnetnya. Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia.


View the original article here

No comments: