Saturday 5 February 2011

Pemerintah Beri Insentif Konverter Gas

Untuk merangsang penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan, pemerintah menyiapkan insentif bagi masyarakat yang membeli converter kit BBG.

Ini mengingat adanya opsi alternatif untuk membeli BBG (LGV/Liquified Gas Vehicle).


Demikian disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana seusai menghadiri acara Indogas Exhibition 2011 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1/2011).


"Untuk BBG, kan masih perlu SPBU-nya (SPBG) dan untuk kendaraannya masih dibutuhkan converter kit mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Itu semuanya butuh investasi, dan Bappenas sedang menghitung jika ingin memberikan insentif," kata Armida.


Armida menjelaskan, jika diberikan insentif untuk converter kit, diharapkan nantinya masyarakat dapat beralih ke BBG dibandingkan BBM.


"Nanti perlu dihitung lagi berapa harganya ketimbang tidak pindah ke gas dan tetap menggunakan Pertamax," ujarnya.


"Nah di Bappenas sedang dihitung keperluannya berapa dan kebutuhan investasinya untuk converter kit berapa harganya. Supaya menjadi insentif bagi pemilik kendaraan untuk bisa berpindah. Nah ini dalam kajian dengan mengambil referensi ke India. Jadi opsi ini masih kita usahakan untuk dikembangkan," ujar Evita.


Armida menyampaikan, gas alam dari ketersediaan memiliki banyak cadangannya di Indonesia. Namun untuk pengembangannya masih dibutuhkan infrastruktur dan investasi.


"Kalau sekarang kan pengembangan untuk elpiji sudah, nah sekarang yang kita kembangkan gas untuk sektor transportasi dan industri. Kalau sektor transportasi ini kaitannya dengan bahan bakar gas (BBG) termasuk transportasi publik dan kendaraan pribadi karena harga relatif lebih murah dan dia bersih dan juga clean energy, tapi kita masih membutuhkan investasi dari sisi infrastrukturnya," ungkap Armida.


Wacana penggunaan gas untuk kendaraan pribadi kembali hangat setelah Wapres Boediono menuturkan hal itu pada IIMS 2010 lalu. Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: