Saturday 8 January 2011

Veteran Jepang Muda Lagi

Demi mobil tua Honda Accord jebolan 1984, Heru Supriyanto rela mengeluarkan dana Rp 20 juta untuk mempermak mobil yang terbilang uzur. Dan itu modal kepuasan tersendiri bagi pria yang akrab disapa Heru itu.

Banyak yang diperbuat pria kelahiran 1968 tersebut pada mobil kesayangannya. Salah satu adalah mengubah konsep bodi hingga 100 persen. Hal pertama yang ia lakukan adalah mengubah bumper depan dan belakang mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Niat awal adalah mengubah aura si mobil tua dari jadul ke sporty. Apa saja ubahan lainnya? kita simak yuk.


Pertama, Heru banyak mengubah bodi si Honda Accord 84 hingga lebih macho dengan konsep balap. Meski terlihat aneh namun ubahan cukup frontal untuk sekucur mobil tua.


Bumper berkarakter bomex begitu Heru menyebutnya. Menemempel erat di di bagian depan dan belakang. Bahan bakunya terbuat dari serat fiber. Untuk menyelaraskan spoiler depan, grille juga diubah banyak.


Agar lebih sempurna, tak jarang Heru menggunakan lampu Honda yang agak muda. Untuk itu ia pun menggunakan head lamp Honda Verio 1995 dengan fog lamp after market. Hasilnya lumayan, wajah si jadul kelihatan muda.


Tinggal cat. Bagian paling urgent pada eksterior itu Heru tidak salah pilih.
Untuk itu ia pun menggunakan warna hitam metalik. "Dasarnya hitam, tapi untuk lebih sempurna saya pakai hitam metalik saja," tutur Heru kepada detikOto, Selasa (4/1/2011).


Setelah itu, untuk memperkental aura sporty, bapak 2 anak itu menerapkan ban lebar dengan radial 195/50 ring 15. Dengan memiliki offset lebar, lantas Heru mempelebar bodi hingga 10 mm. Tidak hanya depan, bagian belakang juga dilakukan berhubung ukuran ban sama besar.


Tidak tanggung-tanggung, karena sudah menerapkan konsep balap, warga Villa Mutiara Gading, Bekasi itu menggunakan ban Achilles di keempat titik kaki. "Ban pake yang untuk balap," pungkas Heru.


Bagaimana dengan mesin? Wah Heru ternyata sudah menghabiskan Rp 10 juta untuk bagian penggerak kaki-kaki. "Rp 10 juta saya habiskan untuk bagian mesin. Mesinnya tidak ada ubahan hanya diperbaiki saja menggunakan jeroan baru," jelasnya.


Sekitar 1,5 bulan hampir terlewati. Garapan Heru pun hampir selesai. Rasanya tidak puas jika bagian audio tidak tersentuh sedikitpun. Memang tidak banyak ubahan, ia tetap mempertahankan bagian dalam seperti membiarkan warna coklat dan cukup mengkombinasikannya dengan warna silver saja.


Tidak cukup sampai disitu, pria kelahiran Solo tersebut menambahkan fitur
entertainment dengan LCD 12 inci dan audio Pioneer serta subwoofer 2 buah 12 inci. Hasilnya lumayan. "Saya merasa puas meski mobil hanya digunakan untuk Sabtu dan Minggu saja," bisik Heru. Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: