Monday 31 January 2011

Mau Beli Mobil? Harus Menang Lotre Dulu

Kaya tujuh turunan bukan berarti warga Beijing, China bisa seenaknya membeli mobil. Untuk mendapatkan mobil impiannya mereka kini harus memenangkan lotre dulu.

Ya, pemerintah Beijing, China kini memang tengah membatasi pembelian mobil baru mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Dan untuk mendapatkan pelat nomor, warga Beijing harus mengikuti lotre yang diadakan pemerintah setempat.


Rabu 26 Januari ini, lotre yang pertama dilakukan. Dan hasilnya ada sekitar 17.600 pemenang yang berhak membeli mobil baru. Padahal yang daftar jumlahnya sangat banyak yakni mencapai 187.420 orang.


Seperti dilansir Reuters, Rabu (26/1/2011) lotre yang terkomputerisasi ini disiarkan langsung oleh TV nasional China dan beres dalam 20 menit saja.


"Saya kecewa. Saya tidak mengerti kenapa tiba-tiba kita harus memenangkan lotre untuk membeli mobil. Saya pikir pemerintah mendorong konsumsi masyarakat," ujar warga Beijing Alan Lin yang kecewa karena tidak menang lotre hari ini.


Karena kemacetan akibat banyaknya mobil yang teregistrasi di Beijing, Pemerintah China melakukan pembatasan pembelian mobil baru. Warga yan berminat membeli mobil harus mengikuti lotre dulu. Rencana ini diumumkan akhir tahun lalu.


Selain mengurangi angka kemacetan, pembatasan pembelian mobil baru juga dimaksudkan untuk mengurangi polusi di Beijing.


Kemacetan dan polusi menjadi salah satu pemandangan rutin di China, penjualan kendaraan di China merupakan yang terbanyak di dunia. China mengalahkan pasar AS sebagai pasar mobil terbesar di dunia pada 2009 lalu.


Di 2012 sendiri, diperkirakan di Beijing bakal ada 7 juta kendaraan di jalanan. Saat ini sekitar 4,8 juta kendaraan.


Bagaimana Jakarta, apakah akan mengikuti langkah Beijing? Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: