Sunday 9 January 2011

Harga Motor Paling Cepat Naik Februari

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) secara rutin naik setiap tahun. Dan setiap tahun pula pajak ini menjadi momok yang akhirnya menaikan harga jual kendaraan.

Untuk masalah kenaikan harga, banderol sebuah motor pun hampir dipastikan akan mengalami kenaikan. Kemungkinan akhir Februari seluruh harga on the road sepeda motor akan mengalami kenaikan.


"Masih tunggu Samsat, biasanya (kenaikan BBN-KB) sekitar 10-15 persen. (Biasanya kenaikan BBN-KB diberlakukan pada) Akhir Februari atau awal Maret," jelas Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sigit Kumala kepada detikOto, Selasa (4/1/2010).


Karena itulah kemungkinan harga motor baru akan naik menyesuaikan dengan tarif BBN-KB baru pada bulan Februari atau Maret nanti. Untuk Januari ini, harga motor kemungkinan masih aman.


"Sementara harga belum naik karena indikasi resmi BBN belum ada. Kita masih tunggu info dari network dulu. Tapi untuk harga motor off the road belum ada perubahan," timpal General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Paulus S Firmanto.


Namun, meski begitu, kenaikan harga BBN-KB kemungkinan tidak akan terlalu signifikan menaikan harga jual.


Sebab yang akan mengalami kenaikan hanya tarif BBN-KB. Sementara harga off the road kemungkinan tidak akan terlalu berpengaruh.


"Tidak akan terlalu berpengaruh. Kan cuma BBN-nya saja yang naik. Harga motornya tidak naik," cetus Corporate Communications PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) Nurlida Fatmikasari.


"Contohnya, BBN sekarang misalnya Rp 1 juta, terus BBN naik 10 persen. Berarti kan naik sekitar Rp 100 ribu saja," tambah wanita yang akrab disapa Mieke ini. Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: