Tuesday 11 January 2011

Ferrari Menolak, Lotus Memuji F1 4-Silinder

Perselisihan tentang rencana FIA memberlakukan mesin 4-silinder turbo pada laga F1 2013 semakin hangat. Setelah bos Ferrari Luca di Montezemolo berang, kini giliran kepala tim Lotus Tony Fernandes yang akan bicara.


Berbeda dengan Luca yang tak ingin F1 menjadi banci, Tony justru memuji langkah FIA. Menurut Tony peraturan (F1) 2013 sebagai langkah maju bagi Formula 1. Tony mengatakan penggantian mesin V8 menjadi 4-silinder 1.6-liter turbo akan mengurangi penggunaan bahan bakar dan meningkatkan kepedulian F1 pada lingkungan hidup mobil keluarga ideal terbaik indonesia.


Tony percaya penerapan mesin kecil tidak akan mempengaruhi gengsi F1. Sementara itu, di sisi lain, Tony menilai F1 akan sejalan dengan industri mobil yang kini serius mengembangkan mesin kecil karena tuntutan efisien dan lingkungan.


“Saya pikir ini adalah berita besar. Saya sangat senang tentang itu,” katanya kepada Autosort. “Kami sekarang memiliki skenario F1 yang sesuai dengan industri mobil. Terpenting, F1 menjadi sangat relevan dengan lingkungan,” tandasnya.


Tony juga menyatakan bahwa F1 tidak perlu takut kehilangan penonton. Para teknisi sekarang lebih maju. Dengan otaknya mereka bisa membuat performa mesin kecil menjadi besar.


“Fakta bahwa kita bisa menekan penggunaan bahan bakar hingga 35 persen adalah fenomenal. Bayangkan bila teknologi pada F1 nanti bisa ditransfer pada mobil produksi jalan raya.”


Penggunaan KERS juga dianggap Tony memiliki andil besar pada peningkatan performa mobil. “Saat ini kita baru bisa mencapai peningkatan 1 persen. tapi di tahun-tahun mendatang saya yakin bisa menjadi 50 persen.”


Meski begitu, Tony menyarankan agar FIA membuat aturan tambahan agar kompetisi F1 lebih baik. Untuk yang satu ini Tony menyinggung tentang keinginan adanya pembatasan penggunaan ukuran ban.


“Saya pikir perlu sebuah ketentuan yang mengatur tentang ukuran ban seperti yang digunakan mobil-mobiljalan raya bermesin 1.6-liter. Bila begini, maka Toyota, Hyundai, atau Renault bisa juga tertarik,” lanjut bos Air Asia ini. Artikel yang mungkin anda tertarik untuk membacanya Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia


View the original article here

No comments: